Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memanfaatkan Barang Bekas untuk Keperluan Sehari-Hari

Cara Memanfaatkan Barang Bekas untuk Keperluan Sehari-Hari

Cara memanfaatkan barang bekas – Selamat datang di blog kreatorkerajinan, yah pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara memanfaatkan barang bekas untuk keperluan sehari-hari kita. 

Barang bekas yang kadang kala kita abaikan ini sebenarnya sih, bisa kita gunakan lagi dengan menjadikannya alat bantu dari beberapa barang primer di rumah kita. Maka dari itu sebaiknya kami tidak membuang barang bekas atau bungkusan produk yang kamu beli di buang cuma - cuma tanpa mengolahnya menjadi barang yang berguna. 


Nah, di disini kita akan membahas beberapa cara memanfaatkan barang bekas untuk keperluan kita sehari-hari, yuk disimak ulasan kami dibawah ini. 


Berikut Ide Kreatif Memanfaatkan Barang Bekas di Rumah




1. Tempat Alat Tulis dari Botol Plastik


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Banyak alat tulis dirumah yang beserakan dan tidak punya tempat untuk menampungnya? Nah buat saja dari botol bekas kamu, dengan menggunting botol bekas setengah bagian, lalu tempelkan ke CD bekas, dan botol bekas sudah siap digunakan untuk wada alat tulis. 


2.  Tempat Mengambil Gelas Kertas


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Kamu memiliki gelas kertas usang yang sudah dipakai untuk acara pesta? Dan masih tersisa beberapa? Nah gelas-gelas itu bisa kamu tempatkan dengan rapi lho. Caranya ambil botol plastik bekas yang ukuran lebarnya sama seperti gelas kertas kamu. Gunting bagian atas dan bawahnya, lalu tempelkan dinding, terus masukkan deh gelas kertas kamu. Dan gelas kertas tertata rapu di tempanya. 


3. Aquarium Mini dari Bola Lampu Bekas

Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Bola lampu bekas biasanya sering dibuang begitu saja. Tanpa kita sadari bola lampu bekas ini ternyata dapat dijadikan aquarium mini lho. Kamu dapat mengisi bola lampu tersebut dengan ikan-ikan kecil seperti ikan cupang dan menambahkan beberapa dedaunan didalamnya. Untuk cara buatnya bisa klik halaman ini. Cara Membuat Aquarium dari Bola Lampu Bekas


4.  Tempat Tisu Alternatif


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Kamu tidak punya tempat tisu dirumah, nah jika tidak punya kamu bisa memanfaatkan botol plastik bekas sebagai tempatnya. Caranya cukup mudah kok, tinggal kamu manfaatkan bagian atas botol (seperti gambar) lalu masukkan deh tisu kamu.


5. Tempat Piring dan Sendok Makan


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Kamu lagi sedang habis membersihkan piring dan sendok tapi gak punya tempat untuk menaruhnya agar airnya menghilang? Wah ini nih cocok buat kamu, kamu bisa menggunakan botol plastik yang ukuran besar sebagai tempat piring dan wadah sendok kamu. 


6.  Tempat Mengambil Kresek


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Dirumah banyak sekali kresek! Namun gak ada tempat yang cocok untuk menaruhnya. Nah ini ada cara kreatif dengan memanfaatkan botol bekas sebagai tempat mengambil kresek. Cara membuatnya cukup mudah lho, kamu tinggal memotong bagian bawah botol plastik, lalu taruh kresek didalam botol. Dan sekarang kamu bisa mengambil kresek dengan cara keren. 


7.  Wadah Pakan Kucing


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Nih ada cara kreatif dan keren untuk memberi pakan kepada kucing kesayang kamu. Kamu tinggal memanfaatkan botol plastik bekas saja. Cara membuatnya cukup mudah. 

KIta hanya menggunakan bagian atas dan bawah botol, setelah itu isi bagian atas botol dengan pakan kucing dan dibagian tutup botol kita beri bola kecil, Nah untuk bagian bawah botol kita jadikan sebagai penutup wadah. Setelah selesai kamu bisa tempelkan dimana saja asalkan kucing kamu mudah mengambil pakannya. 


8. Pelindung Tangan


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Tangan sering terkena minyak panas saat memasak? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan botol bekas sebagai pelindung saat memasak. Caranya cukup mudah dengan memanfaatkan bagian paling atas botol dan rekatkan pada spatula kamu. 


9.  Tempat Es Batu


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Kamu sedang berada diluar rumah dan sedang menikmati es bersama teman-teman, Namun es tersebut gak punya wadah. Nah kamu bisa menggunakan botol bekas cola lho. Caranya cukup mudah, kita tinnggal memanfaatkan bagian bawah dan tengah saja dan wadah es alternatif sudah siap digunakan.


10.  Alternatif Tempat Alat Sikat Gigi


Cara Memanfaatkan Barang Bekas
Nih cocok buat kamu yang lagi ngekos dan ingin mengirit soal perlengkapan mandi. Kamu bisa menggunakan botol bekas sebagai wadah sikat gigi dan pasta gigi. Caranya cukup mudah kok kita tinggal memanfaatkan bagian tengah sampai atas botol, dan kita tempelkan ke kamar mandi, terus taruh sikat gigi dan pasta gigi kita ke wadah yang sudah kita buat. 


11.  Alternatif Shower


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Kamu anak kos-kosan dan ingin menikmati mandi seperti di hotel-hotel yang menggunakan shower sebagai fasilitasnya. Nah ininih ada cara alternatif untuk kamu yang ingin menikmati mandi dengan shower. Cara pembuatannya cukup mudah sekali, kamu tinggal ambil botol bekas dan lubangi bagian bawah botol dengan jarum atau apa saja, yang penting lubang jangan terlalu besar ya. Terus kamu pasang deh ke selang dan selamat menikmati. 


12. Tempat Spon


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Wah ini nih cocok buat kamu yang sedang susah mencari tempat spon. Nah kamu sekarang bisa menggunakan botol plastik bekas sebagai tempatnya. Kita tinggal memanfaatkan bagian atas dan bawah botol saja. Gunting bagian tersebut dan satukan seperti gambar, setelah itu tempat spon alternatif kita siap digunakan. 


13. Tempat Payung di Mobil


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Payung sering sekali kita taruh dibagian belakang mobil atau dibagian loker mobil. Nah ini ada alternatif terbaik buat tempat payung di mobil. Kita tinggal memanfaatkan botol plastik dengan menggunakan bagian atas dan tengah botol saja. Kamu bisa  buat seperti gambar diatas. 


14. Tempat Tisu di Toilet

Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Di kantor atau dirumah tempat tisu rusak! Wah ini nih ada cara alternatifnya. Kita tinggal memanfaatkan botol plastik besar sebagai tempatnya. Cara buatnya gampang kok, tinggal lihat gambar diatas kamu udah bisa membuatnya. 


15. Tempat Koran 


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Nah bagia yang suka membaca koran dan koran sudah terlalu banyak dirumah biasanya koran tersebut akan di taruh dibawah meja tamu atau di tempat mana saja. Nah kamu bisa nih memanfaatkan botol bekas sebagai tempat koran. Cara buatnya tinggal lihat gambar ya dan langsung kamu aplikasikan deh. 


16. Kran Air


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Nah ini nih cocok buat kamu yang lagi traveling dan lagi butuh kran air untuk cuci tangan atau bersuci. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas yang kamu bawa. sebagai kran air alternatif. Cara buatnya tinggal melubangi bagian bawah botol dan kamu sudah siap menggunakannya. 


17. Buat Nyiram Halaman 


Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Botol bekas dirumah sudah terlalu banyak, apalagi ya cara pemanfaatan lainnya. Ini nih ada cara alternatif dalam menyiram halaman rumah kamu dengan menggunakan botol plastik bekas kamu. Cara buatnya gampang kok, tinggal lubangi botol seperti gambar diatas, masukkan selang pada botol plastik dan siap digunakan. 


18. Pot Bunga dari Ban Bekas

Cara Memanfaatkan Barang Bekas

Ada ban mobil di rumah yang gak dipake ? Wah bagus tuh, kamu dapat mengolah ban bekas itu menjadi pot bunga yang cantik dan berwarna. Caranya mudah kok tinggal ikuti langkah berikut. Cara Pembuatan Tempat Sampah dari Ban Bekas Multifungsi


Akhir kata

Demikianlah cara memanfaatkan barang bekas untuk keperluan sehari-hari yang bisa kamu buat di rumah dengan peralatan minim. Semoga dengan adanya artikel ini membuat kamu dapat mengolah benda-benda bekas dirumah ya. Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba. Jangan lupa berkomentar ya!

Candra
Candra Sosok yang ceria dan murah senyum, salam kenal