Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengasa Kreatifitas Dengan Cara Membuat Kolase dari Kulit Telur !!!

Mengasa Kreatifitas Dengan Cara Membuat Kolase dari Kulit Telur !!! - Kerajinan kulit telur adalah salah satu jenis handmade yang gampang dilakukan. Mengapa begitu ? Karena bahan dasarnya merupakan kulit telur yang sangat amat mudah ditemukan dimanapun kita berada.

Namun ia termasuk dalam limbah organik yang juga susah sekali diatasi. Sebabnya apa ? Pastilah kita semua tahu bahwasanya penggunaan telur sangatlah banyak sekali. Contohnya saja pedagang makanan atau pedagang kuliner yang menjual kuliner telur seperti telur gulung misalnya, para pedangan itu bisa menghabiskan 3-5kg telur setiap harinya.

Bisa dihitung berapa ratus telur perbulan yang dibuang, belum industri-industri besar yang menggunakan telur sampai berpuluh-puluh ton telur. Pastinya limbah kulit telur akan sangat pesat sekali berkembang.

 Cara Membuat Kolase dari Kulit Telur

Namun karena banyak juga orang-orang yang memiliki kreatifitas mengenai bahan bekas seperti cangkang telur ini, mereka dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Apa saja contoh dari kerajinan kulit telur ? Ada beberapa yang penullis temukan tapi satu yang sangat amatlah mudah dilakukan yaitu seni kolase kulit telur.

Kolase merupakan cara termudah mengelola kulit telur dan mengurangi limbah di sekitarnya. Kolase disini bisa berbagai macam jenisnya sahabat. Ada seni kolase kaligrafi, ada seni kolase hewan, ada juga seni kolase tumbuhan, dan banyak lainnya yang kami belum bisa temukan lagi. Maka dari itu kami memberikan tutorial membuat kolase dari kulit telur lengkap dengan gambarnya.

Tertarik untuk mencobanya ? Ayo kita mulai...

Kerajinan dari Pecahan Kulit Telur Berupa Seni Kolase Sederhana

Mari kita siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.


Alat dan Bahan dalam Membuat Kerajinan Cangkang Telur Sederhana

Berikut ini adalah alat dan bahannya sahabat.

1. Kulit telur
2. Gambar
3. Alat lukis
3. Cat lukis
4. Lem kertas

Langkah-langkah dalam Membuat Kerajinan Cangkang Telur Sederhana

Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buatlah sketsa untuk media gambarnya atau bisa download gambar di internet lalu di print.
kerajinan hias dari bahan limbah

2. Bersihkan dengan sangat bersih cangkang telur. Setelah itu keringkan.
kerajinan kulit telur
Cobalah : Panduan Lengkap Cara Membuat Kolase dari Kertas Origami yang Mudah Sekali
3. Potong-potong menjadi pecahan kecil.
kerajinan limbah

4. Beberapa kulit telur kita warnai, agar tidak semua bagian gambar kita beri warna putih atau coklat (warna asli telur).
kerajinan dari barang bekas

5. Bisa kita warnai atau lukis dahulu gambar kita. Dan sisakan beberapa bagian untuk menempelkan kulit telur. Atau jika lebih bagus, bisa menggunakan pecahan telur itu tapi harus diwarnai dulu ya.
kerajinan hias dari bahan limbah
Coba : Cara Membuat Lampu Hias Nanas Istimewa Dari Sendok Plastik
6. Oleskan lem pada bagian yang akan diisi kulit telur.
kerajinan dari bahan limbah

7. Tempelkan kulit telur.
 kreatifitas dari bahan bekas
Uji Kemampuanmu Dengan : Cara Membuat Vas Bunga dari Stik Es Krim Beserta Gambarnya
8. Tempelkan juga kulit telur yang lainnya dengan rapi ya.
kerajinan kulit telur

9. Nah begini hasilnya.
 kerajinan limbah

Akhir kata.

Kreatifitas dari bahan bekas seperti kulit telur ini sangatlah berguna sekali. Salah satunya mengurangi banyaknya sampah cangkang telur. Bahaya sekali jika seseorang, tidak tahu kalau ia menginjak kulit telur dan melukainya.

Maka kerajinan dari bahan limbah ini menjadi solusi untuk perihal itu. Bagi sahabat sekalian, penulis sarankan untuk mencoba mengolah cangkang atau kulit telur ini menjadi sesuatu yang kreatif seperti halnya di atas. Atau jika itu cuman membuang waktu sahabat alangkah baiknya untuk membuat kulit telur di tempat sampah agar tidak mengenai orang lain.

Nah begitu saja sahabat sekalian tutorial kami mengenai mengasa kreatifitas dengan cara membuat kolase dari kulit telur. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk berkomentar bila ada kesalahan dalam kami menyampaikan artikel ini.

Selamat mencoba.

Sumber :
Candra
Candra Sosok yang ceria dan murah senyum, salam kenal