Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Membuat Lampion Benang yang Dapat Dijual

Lampion Benang

Lampion Benang - Halo sobat kerajinan, selamat datang di blog kreatorkerajinan yang pada kali ini saya akan memberikan artikel tentang  4 CARA MEMBUAT LAMPION BENANG YANG DAPAT DIJUAL DAN SUDAH TERBUKTI.

Nah beberapa hari yang lalu saya membaca artikel di Detik.com topik UKM (Usaha Kecil Menengah). Disitu saya tertarik dengan artikel "Ibu Rumah Tangga Ini Bikin Lampion Handmade Beromzet Jutaan Rupiah".

Baca sampai selesai ternyata sangat bagus sekali, sebuah lampion benang dengan dipadukan kain flanel dapat dijual dengan harga 50.000 sehingga beliau bisa mendapat omzet 3 juta perbulan. WOW.

Jadi bila sobat ingin mencoba bisnis Handmade saya sarankan cobalah lampion benang ini. Apa semua tipe lampion benang laku di masyarakat ? Ya laku kalau jualnya tepat sasaran hehehe.

Namun saya sarankan untuk membuat 4 lampion yang sering sekali dijual dipasaran dan pastinya sangat laku sekali. Mari cek dibawah ini apa saja itu.

4 Tipe Lampion Benang yang Laku Dijual 

 

1. Lampion Benang dengan Bentuk Karakter Kartun. Contoh Doraemon


Yah bentuk kartun seperti doraemon atau kartun populer lainnya kayak upin&ipin biasanya akan laku terjual, karena mereka "kartun populer di Indonesia" sehingga masyarakat lebih tahu dan mengenal mereka "kartun yang populer itu" ketimbang membuat karakter kartun yang tidak populer..

Bisa dicoba, begini caranya :

Kreatif
Channel Zulkifli Zain
Penjelasannya : 
1. Siapkan 1 buah balon dan 2 gulungan benang jahit warna biru.
2. Gulung bola dengan benang, lakukan dengan lilitan yang rapi dan sampai menutupi semua bagian balon, jangan sampai ada bagian yang tidak tertutupi.
3. Begini hasil lilitan benangnya terhadap bola, harus semua bagian tertutupi.
4. Sediakan lem kayu, wadah, dan air, masukkan lem dan air kedalam wadah, perbandingan keduanya yaitu 50.50, setelah itu ambil kuas, aduk keduanya dan oleskan ke seluruh bagian bola sampai merata.
5. Jemur dengan menggantung di tempat yang panas, Jemur sampai kering. "Selalu Cek setiap 1 jam  ya"
6. Ambil balon dari bola benang yang sudah mengering,
7. Sediakan kain flanel dengan warna seperti doraemon dan kemudian gunting kain flanel sesuai bagian kepala doraemon serta tidak lupa tempelkan pada bola benang.
8. Sudah jadi tinggal kita pasangkan fitting dan lampu.
9. Tinggal uji coba apakah berhasil atau tidak, jika iya maka siap dipasarkan.

2. Lampion Benang dengan Tipe Digantung 


Untuk tipe digantung ini biasanya dipakai oleh para owner Cafe atau rumah makan. Dengan cafe atau rumah makan yang menyediakan tempat yang nyaman dan juga elok dipandang, maka banyak menggunakan lampion gantung sebagai pencahayaan di malam hari. Tapi ini berlaku untuk lampion benang buatan kita yang berkualitas ya.

Nah dibawah ini cara pembuatannya.
Kerajinan Sederhana
Channel MADE Everday
Penjelasanya: 
1. Sediakan balon ukuran kecil atau besar, wadah, lem kayu, air, dan benang wol, kemudian lem kayu dan air kita campurkan dengan perbandingan 50.50 yang selanjutnya kita rendam gulungan benang sampai benang menyerap lem.
2. Kita lilitkan benang pada balon tapi sebagai bagian atas yaitu tempat meniup balon dan juga bagian tengah. Ingat bagian bawah tidak ikut dililitkan benang.
3. Kita guyur balon lampion dengan sisa air lem. Setelah itu kita jemur dibawah terik matahari sampai kering.
4. Keluarkan udara yang ada didalam balon sehingga balon dapat dilepas. Dan kita telah mendapatkan lampion benang setengah jadi.
5. Tidak lupa bagian ataskan sudah berlubang jadi kita maksudkan untuk tempat fitting lampu. Kita pasang dah fitting lampu disitu, tidak lupa pasang juga lampunya.
6. Kita uji coba apakah berhasil ? Bila iya maka sudah siap dipasarkan.
7. Lampion benang siap dipasarkan.

3. Lampion Sederhana  


Yang ketiga bila pasar sedikit sekali peminat lampion benang kita yang jenis karakter kartun dan gantung maka kita buat lampion sederhana yang murah tapi masih berkualitas. Nah dibawah ini caranya :
lampion mudah
Channel AS World
Untuk penjelasannya tidak usah dipaparkan ya ? Karena sama saja kok cara pembuatannya hanya saja kita disini karena menghemat juga biaya pembuatannya makan menggunakan balon kecil seharga 2000 an.

4. Tipe Lampion Kata Mutiara 


Di tipe ke-4 ini kita akan membuat lampion yang di bagian lampion itu ada kata-kata mutiara dari kita sendiri atau dari pihak pembeli. Nah karena sekarang lagi tren/populer dengan kata-kata keren, menarik dan juga bermutiara maka tidak bisa dipungkiri bahwa lampion benang juga bisa berinovasi seperti itu.

Saya langsung beri contohnya ya
Lampion benang kartun
IG @wachid_griyalampion

Harga Jual dari 1 Buah Lampion Benang


Menjadi seorang pedagang atau penjual pastinya harus mematok harga bagi barang yang ia jual. Nah karena lampion benang ini juga lumayan sulit membuatnya serta harus sabar dan tidak  lupa nilai seni yang dimunculkannya pun sangat bagus.

Maka sobat kerajinan bisa memberikan patokan harga sekisar 50.000 - 100.000 , Ingat sobat ini hanya patokan harga dari saya saja yang saya ketahui sih memang segitu harganya. Sobat pun bisa memikirkan dengan matang berapa patokan harga kerajinan yang sobat bikin ini.

Itulah 4 Cara membuat lampion benang yang dapat dijual dan direkomendasikan untuk sahabat yang iseng-iseng mengolah benang yang ada dirumah. Semoga dari keisengan yang kreatif ini dapat menghasilkan uang, semoga saja, Amiin.

Tidak lupa, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, sekian salam kreatif.
Candra
Candra Sosok yang ceria dan murah senyum, salam kenal